RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
pelajaran
|
:
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kelas
/ semester
|
:
III / I (ganjil)
|
Hari
/ tanggal
|
:
kamis, 22 oktober 2015
|
Alokasi
waktu
|
:
2 x 35 menit
|
Tema
|
:
Lingkungan
|
I.
Standar
kompetensi
|
·
Memahami kondisi
lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga lingkungan
|
II.
Kompetensi
dasar
|
·
Mendeskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
|
III.
Indikator
:
|
·
Menjelaskan definisi lingkungan sehat
dan tidak sehat
·
Menjelaskan pengaruh pencemaran lingkungan
terhadap kesehatan
·
Menyebutkan ciri lingkungan sehat dan
tidak sehat
·
Menyebutkan cara untuk menjaga
kesehatan lingkungan
·
Membuat gambar tentang pencemaaran
lingkungan
|
IV.
Tujuan
pembelajaran
|
Setelah
dilakukan kegiatan belajar mengajar ini diharapkan :
·
Siswa mampu menjelaskan definisi lingkungan
sehat dan tidak sehat serta pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
·
Siswa mampu menyebutkan 3 ciri kondisi
lingkungan yang sehat dan tidak sehat
·
Siswa mampu menyebutkan 3 cara menjaga
kesehatan lingkungan dan menerapkannya dikehidupan sehari-hari
·
Siswa mampu membuat gambar tentang
pencemaran lingkungan.
|
V.
Materi ajar
|
·
Lingkungan adalah keadaan yang ada di
sekitar kita
·
Keadaan lingkungan dapat di golongkan
menjadi dua, yaitu lingkungan sehat dan tidak sehat
·
Lingkungan sehat yaitu lingkungan bersih
dan lingkungan yang memberi kenyamanan bagi makhluk hidup yang berada di
tempat itu
·
Ciri lingkungan sehat, yaitu:
1. Udara
dilingkungan bersih dan terasa segar
2. Sumber
air yang bersih
3. Air
sungai yang mengalir terlihat bersih dan jernih
4. Sampah
tidak berserakan
5. Banyak
tumbuhan hijau yang tumbuh subur
6. Lingkungan
sehat memiliki pengaturan tempat yang baik
·
lingkungan tidak sehat yaitu
lingkungan yang kotor dan tidak memenuhi syarat lingkungan sehat, dan tidak memberi kenyamanan bagi makhluk hidup
yang ada didalamnya. Lingkungan tidak sehat mengakibatkan berjangkitnya
berbagai penyakit, bau yang tidak sedap dan pemandangan buruk.
·
Ciri lingkungan tidak sehat, yaitu :
1. Udara
kotor karena banyak debu dan asap
2. Sampah
banyak bertebaran
3. Sumber
air tidak bersih
4. Saluran
air tidak lancar sehingga air menggenang
5. Tumbuhan
tidak bisa tumbuh dengan subur sehingga lingkungan menjadi gersang
6. Tidak
memiliki pengaturan tempat yang baik, misalnya: tempat sampah umum ditempatkan
dekat warung makan.
·
Pengaruh pencemaran lingkungan
terhadap kesehatan:
Tanah yang tercemar akan berkurang kesuburannya.
Selain itu, zat-zat pencemar juga dapat diserap oleh tumbuhan. Tumbuhan
tersebut kemudian dimakan oleh hewan dan manusia. Akibatnya zat pencemar
tersebut akan berpindah kedalam tubuh hewan atau manusia dan akan menumbuhkan
berbagai penyakit.
·
Cara menjaga kesehatan lingkungan :
1. Membuang
sampah pada tempatnya
2. Mengolah
limbah sebelum membuang ke lingkungan
3. Membersihkan
lingkungan secara teratur
4. Menanam
tanaman disekitar rumah dan lahan kosong dengan tanaman yang bermanfaat
5. Mengalirkan
air yang tergenang melalui saluran air
6. Menciptakan
rumah yang sehat, yaitu rumah yang memiliki lubang angina tau ventilasi udara
7. Tidak
membakar sampah disembarang tempat
8. Tidak
menebang pohon secara sembarangan
|
VI.
Metode / model / pendekatan
|
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
|
VII.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
|
·
Kegiatan
awal
1. Salam
pembuka
2. Merapihkan
posisi siswa
3. Mengabsen
siswa
4. Apersepsi
5. Mempersiapkan
peralatan yang diperlukan
|
·
Kegiatan
inti
1. Memberikan
penjelasan materi kepada siswa
2. Memperlihatkan
foto atau gambar tentang pencemaran lingkungan
3. Memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya
4. Mengarahkan
siswa membuat kelompok
5. Memberi
tugas per kelompok yang terdiri dari 6 orang untuk membuat gambar tentang
pencemaran lingkungan
|
·
Kegiatan
akhir / Penutup
1. Menilai
tugas perkelompok
2. Memberi
pertanyaan kepada siswa yang ditunjuk
3. Memberi
tugas untuk membuat kliping tentang pencemaran lingkungan
|
VIII.
Media
/ Sumber Belajar
|
·
Media
-
Buku paket IPA SD kelas III
·
Sumber belajar
-
Gambar dan foto tentang lingkungan
sehat dan tidak sehat serta pencemaran lingkungan.
-
Kertas HVS
|
IX.
Evaluasi
/ Penilaian
|
||||||||||||||||||||||||||||||
·
Kunci jawaban
1. Lingkungan
sehat yaitu lingkungan bersih dan lingkungan yang memberi kenyamanan bagi
makhluk hidup yang berada di tempat itu
Lingkungan tidak sehat yaitu lingkungan kotor dan
tidak memberi kenyamanan bagi makhluk hidup yang ada didalamnya. Lingkungan
tidak sehat mengakibatkan berjangkitnya berbagai penyakit, bau yang tidak
sedap dan pemandangan buruk.
2. Tanah
yang tercemar akan berkurang kesuburannya. Selain itu, zat-zat pencemar juga
dapat diserap oleh tumbuhan. Tumbuhan tersebut kemudian dimakan oleh hewan
dan manusia. Akibatnya zat pencemar tersebut akan berpindah kedalam tubuh
hewan atau manusia dan akan menumbuhkan berbagai penyakit.
3. Ciri
lingkungan sehat :
Udara dilingkungan bersih dan terasa segar
Sampah tidak berserakan
Banyak tumbuhan hijau yang tumbuh subur
Ciri lingkungan tidak sehat :
Udara kotor karena banyak debu dan asap
Sampah banyak bertebaran
Tumbuhan tidak bisa tumbuh dengan subur sehingga
lingkungan menjadi gersang
4. Membuang
sampah pada tempatnya
Membersihkan lingkungan secara teratur
Mengalirkan air yang tergenang melalui saluran air
·
Skor
-
Jika jawaban
benar di beri skor 2,5
-
Nilai akhir
: skor yang dicapai x 5
5
-
Skor gambar
A : 90 -100
B : 85 - 70
C : 75 - 60
|
Serang, 18 oktober 2015
Mengetahui
Dosen pembimbing Mahasiswa
Encep Andriana
M.Pd Aprianti Derlis
Casino - KTM Hub
BalasHapusWelcome to JTG's New Member Club! Sign up to join 군산 출장안마 us 서울특별 출장마사지 in celebration of 의왕 출장안마 the occasion of 문경 출장마사지 this special occasion at JTG's Casino! 세종특별자치 출장마사지 Rating: 5 · 2 reviews