Minggu, 03 Januari 2016

contoh kurikulum : SDN 1 MELATI

CONTOH KURIKULUM KURIKULUM SD NEGERI 1 MELATI 2015 KATA PENGANTAR Dengan memanjatkan puji dan Syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayahNya, saya telah dapat menyusun Kurikulum Sekolah. Kurikulum sekolah merupakan bagian dari upaya meningkatkan mutu pendidikan yang diarahkan untuk pengembangan potensi peserta didik sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi, seni serta pergeseran paradigm pendidikan yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik. Kurikulum sekolah adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu, sebagaimana disebut bahwa kurikulum yang pelaksanaan operasionalnya disusun oleh masing-masing satuan pendidikan di sekolah dasar. Kami mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing ibu Dwi Junianti Lestari S.Sn, M. Pd yang telah membatu dan membimbing dalam penyelesaian kurikulum ini. Demikian karya tulis ini semoga bermanfaat, dan kritik dan saran yang bersifat membangun sangat saya harapkan guna perbaikan selanjutnya. Serang, 7 April 2015 Aprianti Derlis DAFTAR ISI KATA PENGNANTAR 2 DAFTAR ISI 3 BAB I PENDAHULUAN 4 1.1 Latar belakang 4 1. pengertian 4 a. Pendidikan..……………………………………………………………………….4 b. Seni dan tari…………………………………………………………………..…..4 c. Kurikulum….……...……………………………………………………………...4 d. Kurikulum sekolah.……………………………………………………………….4 e. Silabus…………………………………………………………………………….4 f. Rencana pelaksanaan pembelajaran………………………………………………4 g. pembelajaran………………………………………………………………….…..4 h. Evaluasi pendidikan……………………………………………………………....5 1.2 Standar Kompetensi…………………………………………………………......…………....5 1.3 Landasan Hukum……………………………………………………………...……….……...5 1.4 Sasaran………………………………………………………………………...……..………..5 1.5 Tarian………………………………………………………………………………………….6 A. Tujuan.……………………………….…………………………………………...…….....6 B. Sasaran didik………………………………………………………………………………6 C. Bahan dan materi………………………………………………………………………….6 D. Konsep, strategi, dan metode……………………………………………………………...7 E. Evaluasi….……………………………………………………………………………...7-8 BAB 2 VISI DAN MISI 9 BAB 3 MUATAN SK/KD PER-MATA PELAJARAN 10-12 BAB 4 SILABUS 13-14 BAB 5 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 15-20 BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang 1. Pengertian a. Pendidikan Dalam kamus besar bahasa Indonesia kata pendidikan berasal dari kata ‘’didik’’ dengan awalan ‘’pe’’ dan akhiran ‘’an’’ yang mengandung makna perbuatan (hal, cara dan sebagainya). Pendidikan secara etomologi merupakan bimbingan, pertolongan atau latihan yang diberikan dengan sengaja terhadap anak didik oleh orang dewasa agar ia menjadi dewasa. Sedangkan secara terminologi, Driyakarya mengatakan bahwa pendidikan adalah memanusiakan manusia muda. Dengan kata lain pendidikan adalah pemanusiaan manusia muda (M.Taufik 2013:2-3). b. Seni dan Tari Menurut Ki Hajar Dewantara seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakan jiwa dan perasaan manusia. Sedangkan tari menurut Soedarsono adalah tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan melalui gerak-gerak ritmis yang indah. c. Kurikulum Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang diguakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. d. Kurikulum sekolah Kurikulum sekolah adalah kurikulum adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Kurikulum sekolah terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus. e. Silabus silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. f. Rencana pelaksanaan pembelajaran Perencanaan proses pembelajaraan meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. g. Pembelajaran Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidikan dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. h. Evaluasi pendidikan Evaluasi pendidikan adalah kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggung jawaban penyelenggaraan pendidikan. 1.2 Standar kompetensi • Mengapresiasi karya seni tari • Mengekspresikan diri melalui karya seni tari • Mengembangkan kreatifitas dalam gerak tari 1.3 Landasan hukum Implementasi Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional dijabarkan ke dalam sejumlah peraturan antara lain peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan. - UU Pasal 31 ayat 1, tentang “setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan”. - UU Nomor 22 Tahun 1999, tentang pemerintahan daerah. - UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional pasal 36, Pasal 37 ayat (1) dan Pasal 38 ayat (2). - Implementasi Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional dijabarkan ke dalam sejumlah peraturan antara lain peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan. 1.4 Sasaran pembelajaran Tari menurut Soedarsono adalah tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan melalui gerak-gerak ritmis yang indah. Gerak adalah unsure utama dalam tari, namun gerak yang dimaksud adalah gerak nyata sesuai dengan realita melainkan yang sifatnya ekspresif. Bentuk gerak ekspresif adalah bentuk yang dapat diungkapkan agar dapat dinikmati dengan rasa. Susan K. Langer dalam soedarsono (1978) menyatakan bahwa gerak ekspresif adalah gerak-gerak yang indah, gerak yang dapat mengantarkan perasaan manusia. Sedangkan gerak yang indah itu mengandung ritme tertentu. Indah dalam tari bukan hanya gerak halus saja tetapi gerak kasar, keras, lemah, kuat dengan penuh tekanan serta aneh pun dapat menjadi gerak yang indah. Ada 2 macam gerak tari, yaitu : gerak murni dan maknawi, gerak murni adalah gerak yang dalam pengungkapannya tidak mempertimbangkan pengertian karna gerak murni hanya mempertimbangkan keindahannya saja atau unsure estetis, sedangkan gerak maknawi adalah suatu gerak yang diolah menjadi suatu gerakan tari yang mengandung makna/arti. Tari terbagi 2 : 1. Tari modern (kontemporer, kreasi baru, dsb) dan 2. Tari tradisional (klasik, kerakyatan atau daerah). Karakteristik tari anak SD Pada masa sekolah dasar (6-13 tahun) anak diharapkan dapat memperoleh pengetahuan-pengetahuan dasar yang dipandang penting bagi persiapan dan penyesuaian diri terhadap kehidupan di masa dewasanya. Oleh karena itu, pengalaman kreatif bagi anak mesti menjadi bagian utama dalam proses pendidikan. Maslow dalam Frank G. Goble (1987:53). Tiga komponen dalam usaha mewujudkan pembelajaran tari yakni: dasar-dasar dan variasi gerakan, tari dan ritmik kreatif, dan tari rakyat. a. Dasar-dasar dan variasi gerakan bisa memakai gerakan sehari-hari seperti cara berjalan, meloncat, mendorong, terjatuh, dll yang dapat dilatih dengan tempo dan ritme yang bervariasi baik secara individu maupun kelompok. b. Tari dan ritmik kreatif adalah gerak yang dihasilkan adalah gerak hasil kreasi siswa melalui responnya seperti music, iringan perkusi, cerita, nyanyian, gambar, puisi, peniruan gerak(olahraga, bekerja), perasaan, warna, dsb. c. Tari rakyat terkait dengan nyanyian permainan dan tarian rakyat yang disajikan secara lingkaran, berjajar, segi empat, dsb. Sedangkan Ruth Murray (Richard Kraus, 1969:278) menyarankan, bahwa ada empat kategori pengalaman tari bagi anak: a. Gerak kreatif dan kemampuan gerak (creativemovement and movement skills). b. Kemampuan irama (rhythmic skills, related primarily to musical understanding and rhythmic competence). c. Pengembangan tari secara individu dan kelompok (the development of original individual or group dances) d. Belajar menari, nyanyian permainan, permainan, dan tari rakyat (learning dances, such as singing games, play parties, and folk and square dances). 1.5 Tarian A. Tujuan • Tujuan umum Siswa dapat menguasai berbagai tarian daerah dan tarian lainnya serta dapat membuat kreativitas dan inovasi dalam tarian. • Tujuan khusus Setelah di adakan proses belajar mengajar di harapkan agar siswa dapat : - Memunculkan kreativitas khususnya dalam bidang seni tari - Memunculkan karakter siswa yang dapat melestarikan tarian daerah. B. Sasaran didik Siswa kelas 4 SD Negeri 1 MELATI C. Bahan dan materi - Bahan a. buku kreasi seni dan kerajinan jilid 3, erlangga jakarta. b. Bahan ajar mandiri pendidikan seni tari dan drama, frahma & heny 2006 c. ruang tari. d. iringan tari daerah. e. tape recorder atau alat music daerah. f. VCD/DVD film dokumenter. - Materi a. Tari Daerah b. Tari Daerah dan Iringan Tari Daerah c. Membuat gerakan tari dengan menirukan gerakan binatang dan gerakan sehari-hari. D. Konsep, strategi dan metode - Konsep Konsep yang digunakan konstruktivis (membangun konsep-konsep melalui aktivitas belajar dan mengajar yang melahirkan sebuah pemahaman yang akan dikembangkan), behavioristik (membangun prilaku). - Strategi Strategi yang digunakan dalam mata pelajaran seni budaya dan keterampilan (seni tari) ini adalah pendekatan pembelajaran tematik dengan cara inquiri (mencari dan menemukan), kontekstual learning (pengalaman pembelajaran yang dipahami dari lingkungan yang berasal dari peserta didik), kooperatif learning (berkelompok dan kerjasama), dan expositori (eksplanasi, ceramah dan diskusi. - Metode 1. Ceramah 2. Demonstrasi 3. Praktik 4. Tanya jawab 5. Pemberian tugas 6. pertunjukan E. Evaluasi Tari adalah pengungkapan ekspresi melalui gerak yang berirama yang mempunyai nilai keindahan. Gerak indah yang dipakai dalam tarian bukan hanya gerak halus saja tetapi gerak kasar, keras bahkan gerak aneh pun bisa menjadi gerak yang mengandung keindahan. Karakteristik tari anak SD merupakan ciri-ciri khusu tari untuk anak SD, sesuai dengan kemampuan dasar dan kebutuhan anak usia SD dari sisi intelektual, emosional, sosial, fisikal, perceptual, estetik, dan kreatif. Tujuan pendidikan seni khususnya seni tari di sekolah dasar bukanlah anak menjadi seorang seniman tari, melainkan diharapkan siswa mendapatkan pengalaman seni, baik praktik maupun apresiasi. Empat kategori pengalaman tari bagi anak yaitu : 1) Gerak kreatif dan kemampuan gerak 2) Kemampuan irama 3) Pengembangan tari secara individu dan kelompok 4) Belajar menari, nyanyian permainan, permainan, dan tari rakyat. 1. Soal tes tulisan atau lisan • Sebutkan gerak, busana dan perlengkapan tari daerah. • Bagaimana sikap apresiatif terhadap symbol dan keunikan gerak, busana serta perlengkapan seni tari daerah. • Sebutkan tari daerah sesuai dengan iringannya. • Praktikan tari daerah sesuai dengan iringan didepan penonton. • Praktikan hasil kreasi tarian yang menirukan gerak binatang dan gerak sehari-hari. • Praktikan hasil kreasi tarian yang menirukan gerak binatang dan gerak sehari-hari dengan iringan musi yang ditentukan. 2. Performance/Pertunjukan • Pertunjukan tari daerah dan iringan musik daerah • Pertunjukan hasil kreasi tarian yang menirukan gerakan binatang dan gerakan sehari-hari. BAB 2 VISI DAN MISI 1. Visi SDN 1 MELATI Menjadi sekolah yang unggul dalam pelajaran Bahasa Indonesia sampai tahun 2025, sebagai wujud peran serta dalam pembangunan bangsa yang beriman dan taqwa terhadap tuhan yang maha esa. 2. Misi SDN 1 MELATI  Tersedianya sarana dan prasarana terutama pelajaran bahasa Indonesia.  Menggalakan kegiatan lomba piato, lomba, puisi dan mengarang.  Meningkatkan disiplin kegiatan belajar mengajar.  Memberikan rangsangan pada siswa untuk berprestasi.  Menumbuhkan minat siswa sesuai dengan kemampuan.  Terciptanya lingkungan sekolah yang nyaman dan asri. 3. Tujuan umum pendidikan dasar. Tujuan pendidikan dasar adalah meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut, dengan ketentuan sebagai berikut. 1). Tujuan umum pendidikan SDN 1 MELATI  Siswa beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia.  Siswa sehat jasmani dan rohani.  Siswa memiliki dasar-dasar pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan untuk melanjutkan pendidikan pada jenajng yang lebih tinggi.  Mengenal, dan mencintai bangsa, masyarakat dan kebudayaannya.  Siswa kreatif, terampil, dan bekerja untuk dapat mengembangkan diri secara terus menerus. 2). Tujuan khusus pendidikan SDN 1 MELATI  Mampu menampilkan sopan santun dan berbudi pekerti sebagai cerminan akhlak mulia dan iman taqwa.  Nilai rapor kelas I sampai dengan kelas VI rata-rata mencapai 8,0;  Nilai hasil ujian bagi siwa kelas VI rata-rata mencapai 7,0;  Proporsi lulusan yang diterima di SMP negeri mencapai 75 %;  Olimpiade MIPA mampu menjadi 10 besar ditingkat kecamatan.  Festival kompetisi Mapel/kreatifitas mampu mencapai 10 besar tingkat Nasional;  Mampu menjadi 3 besar Lomba Dokter kecil dan Sekolah sehat.  Kegiatan keagamaan, kepramukaan dan sikap disiplin semakin meningkat. BAB 3 MUATAN SK/KD PER-MATA PELAJARAN Mata pelajaran kelas Semester I Semester II SK KD SK KD 1.Pend. Agama islam I 5 13 4 13 II 5 11 4 8 III 4 9 4 10 IV 5 13 5 12 V 5 13 5 11 VI 5 10 5 10 2.Pend.kewarganegaraan I 2 5 2 4 II 2 4 2 5 III 2 5 2 5 IV 2 5 2 5 V 2 5 2 5 VI 2 6 2 4 3.Bahasa indonesia I 4 14 4 10 II 4 9 4 8 III 4 10 4 8 IV 4 11 4 10 V 4 11 4 10 VI 4 10 4 9 4.Matematika I 3 10 3 10 II 2 8 2 6 III 2 8 3 8 IV 4 16 4 14 V 4 14 2 9 VI 4 11 3 12 5.Ilmu pengetahuan alam I 3 9 2 5 II 2 7 2 4 III 3 7 3 9 IV 6 17 5 14 V 4 11 3 11 VI 6 15 3 8 6.Ilmu pengetahuan sosial I 1 4 1 3 II 1 3 1 3 III 1 4 1 5 IV 1 6 1 4 V 1 5 1 4 VI 1 3 2 4 7. Seni budaya dan keterampilan I 6 17 6 16 II 7 17 7 18 III 7 16 7 19 IV 8 20 8 23 V 8 20 8 24 VI 8 21 8 19 8. Pend. Jasmani, olahraga dan Kesehatan I 4 11 7 16 II 5 12 6 14 III 5 11 7 17 IV 5 11 7 18 V 5 12 7 15 VI 5 14 7 19 Muatan lokal Kelas Semester I Semester II SK KD SK KD 1. Bahasa inggris I - - - - II - - - - III - - - - IV 4 9 4 11 V 4 10 4 10 VI 4 11 4 12 2. Bahasa sunda I 4 9 4 10 II 4 11 4 11 III 4 7 4 14 IV 5 8 4 13 V 5 9 4 11 VI 4 8 4 10 3. Anyaman I 1 1 1 1 II 1 1 1 1 III 1 1 1 1 IV 1 1 1 1 V 1 1 1 1 VI 1 1 1 1 Pengembangan diri Kelas Semester I Semester II SK KD SK KD 1. Pramuka I 1 1 2 2 II 1 1 2 2 III 1 1 2 2 IV 1 1 2 2 V 1 1 2 2 VI 1 1 2 2 2. Komputer I 1 1 1 1 II 1 1 1 1 III 1 1 1 1 IV 1 1 1 1 V 1 1 1 1 VI 1 1 1 1 3. Pend. Jasmani, olahraga dan kesehatan I 4 11 7 16 II 5 11 6 14 III 5 11 7 17 IV 5 11 7 18 V 5 11 7 15 VI 5 14 7 19 4. Dokter kecil I 1 2 1 2 II 1 2 1 2 III 1 2 1 2 IV 1 2 1 2 V 1 2 1 2 VI 1 2 1 2 BAB 4 SILABUS Mata pelajaran : Pendidikan seni tari Kelas : IV Semester : II (dua) Standar kompetensi : Mengapresiasi karya seni Kompetensi Dasar Materi ajar Indikator pencapaian kompetensi Penilaian Alokasi waktu Sumber dan bahan teknik Bentuk instrumen Contoh instrument 1. Mengidentifikasi gerak, busana dan perlengkapan tari Nusantara daerah lain. 2. menampilkan sikap apresiatif terhadap symbol dan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain. 3. Menyiapkan tari Nusantara daerah lain sesuai dengan iringan di depan penonton. 4. Memeragakan tari Nusantara daerah lain sesuai dengan iringan di depan penonton. 5. Menirukan gerak binatang dan gerak sehari-hari kemudian memadukannya menjadi tarian.  Macam-macam gerak tari  Apresiasi terhadap tari tradisional daerah.  Kritik terhadap tari tradisional daerah.  Macam-macam tari daerah  Menarikan tari daerah.  Membuat kreasi gerakan tari dengan menirukan gerakan binatang dan gerakan sehari-hari.  Mengenal gerak, busana, dan perlengkapan tari daerah.  Memahami gerak, busana dan perlengkapan tari daerah.  Menyebutkan keunikan gerak, busana dan perlengkapan tari daerah dari bergbagai daerah.  Melakukan persiapan untuk memperagakan tari daerah.  Mengetahui salah satu gerakan tari daerah.  Mengenal alat music untuk mengiringi gerakan tari daerah.  Menunjukan gerakan tari daerah sesuai dengan iringan di depan penonton.  Mempertunjukan hasil kreasi gerakan tari yang menirukan gerak binatang dan gerak sehari-hari. tes tulis praktik Unjuk kerja Sebutkan gerak, busana dan perlengkapan tari daerah. Bagaimana sikap apresiatif terhadap symbol dan keunikan gerak, busana serta perlengkapan seni tari daerah. Sebutkan tari daerah sesuai dengan iringannya. Praktikan tari daerah sesuai dengan iringan didepan penonton. Praktikan hasil kreasi tarian yang menirukan gerak binatang dan gerak sehari-hari. Praktikan hasil kreasi tarian yang menirukan gerak binatang dan gerak sehari-hari dengan iringan musi yang ditentukan. 6 jam  buku kreasi seni dan kerajinan jilid 3, erlangga jakarta. ruang tari. iringan tari daerah. tape recorder atau alat music daerah. BAB 5 RENCANA PEMBELAJARAN Mata pelajaran : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN Kelas / semester : IV / II (dua) Pertemuan ke : 12 Alokasi waktu : 4 x 35’ Standar kompetensi SENI TARI 13. mengapresiasi karya seni tari Indikator : • Mengenal gerak, busana, dan perlengkapan tari daerah. • Memahami gerak, busana, dan perlengkapan tari daerah. • Menyebutkan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari dari berbagai daerah. I. Tujuan pembelajaran • Siswa dapat mengenal gerak, busana, dan perlengkapan tari daerah. • Siswa mapu memahami gerak, busana, dan perlengkapan tari daerah. • Siswa dapat menyebutkan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari dari berbagai daerah. II. Materi ajar a. Tari Daerah III. Metode pembelajaran 1. Ceramah 2. Demonstrasi 3. Praktik 4. Pemberian tugas - Mengerjakan soal uji kompetensi 5. Tes tertulis dan lisan IV. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran • Kegiatan awal 1. Apersepsi 2. Salam pembuka 3. Mengabsen siswa 4. Mempersiapkan peralatan yang diperlukan 5. Mengarahkan siswa untuk membuat kelompok 6. Memperlihatkan pertunjukan melalui VCD tari. • Kegiatan inti 1. Memberikan penjelasan materi kepada siswa 2. Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya 3. Mengarahkan setiap kelompok mengidentifikasi hubungan elemen dalam salah satu tarian yang sudah ditonton. 4. Mendeskripsikan tari daerah melalui lisan. • Kegiatan akhir 1. Memeriksa tulisan setiap kelompok 2. Memberi tugas untuk membuat kliping tentang tarian daerah. V. sumber / alat/ bahan • Buku paket SBK • Saya ingin terampil dan kreatif, KTK SD kelas III • Standar isi 2006 • Gambar dan foto jenis tarian • VCD/DVD film documenter. VI. Penilaian • Aspek yang dinilai - Aspek afektif Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerja sama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan menonton/menyimak film documenter. - Aspek psikomotorik Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan praktik. - Aspek kognitif Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan. • Bentuk penilaian a. Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan. b. Unjuk kerja; mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru secara kelompok c. Produk (hasil kerja); test praktik melakukan tarian daerah. Mata pelajaran : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN Kelas/ semester : IV (empat) / II (dua) Pertemuan ke : 13-14 Alokasi waktu :4 x 35’ Standar kompetensi SENI TARI 14. Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Tari Indikator : • Melakukan persiapan untuk memperagakan tarian daerah. • Mengetahui salah satu gerakan tari dari daerah. • Mengenal alat musik untuk mengiringi gerakan tari daerah. • Menunjukan gerakan tari daerah setempat sesuai dengan iringan didepan penonton. I. Tujuan pembelajaran • Siswa mampu melakukan persiapan untuk memperagakan tari daerah. • Siswa dapat mengetahui salah satu gerakan tari dari daerah. • Siswa dapat mengenal alat musik untuk mengiringi gerak tari daerah. • Siswa mampu menunjukan gerakan tari daerah setempat sesuai dengan iringan didepan penonton. II. Materi Ajar b. Tari Daerah dan iringan tari Daerah. III. Metode Pembelajaran 1. Demonstrasi 2. Pertunjukan 3. Pemberian tugas - Mengerjakan soal uji kompetensi - Melatih sebuah tarian Nusantara untuk setiap kelompok 4. Praktik IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran • Kegiatan Awal 1. Apersepsi 2. Salam pembuka 3. Mengabsen siswa 4. Mempersiapkan peralatan yang diperlukan 5. Memperlihatkan pertunjukan tari daerah melalui VCD tari. • Kegiatan inti 1. Memberikan penjelasan materi kepada siswa 2. Setelah menonton pergelaran tari daerah siswa memilih salah satu daerah secara kelompok 3. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya 4. Memberikan contoh tari 5. Mengarahkan siswa untuk mengikuti secara bertahap dan berulang-ulang 6. Mengarahkan setiap kelompok berlatih 7. Menampilkan tarian daerah secara kelompok • Kegiatan akhir 1. Tugas berlatih tari secara kelompok. V. Smber/alat/bahan • Buku paket SBK • Saya ingin terampil dan kreatif, KTK SD kelas III • Standar isi 2006 • Gambar dan foto jenis tarian • VCD/DVD film dokumenter. VI. Penilaian • Aspek yang dinilai - Aspek afektif Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerja sama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan latihan menari. - Aspek psikomotorik Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menari. - Aspek kognitif Komponen yang dinilai meliputi kemampuan mejawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan. • Bentuk penilaian a. Test tulis; soal-soal uji kmpetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda danlisan. b. Unjuk kerja; melakukan gerakan tari secara individu c. Produk (hasil kerja); test praktik melakukan tarian daerah. Mata pelajaran : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN Kelas /semester : IV (Empat) / II (dua) Pertemuan ke : 15 Alokasi waktu : 4 x 35’ Standar kompetensi SENI TARI 15. Mengembangkan kreativitas anak dalam gerak tari Indikator • Mengembangkan gerakan dalam tarian • Menirukan gerakan binatang dan gerakan sehari-hari menjadi gerakan tarian I. Tujuan pembelajaran • Siswa mampu mengembangkan kreativitas dan inovasigerakan tari • Siswa mampu membuat gerakan tarian dengan gerakan sehari-hari dan binatang • Siswa mampu menunjukan hasil kreativitas gerakan yang dibuat II. Materi ajar • Membuat gerakan tari dengan menirukan gerakan binatang dan gerakan sehari-hari III. Metode pembelajaran 1. Demonstrasi 2. Praktik 3. Pemberian tugas - Membuat gerakan tari sendiri dengan menirukan gerakan binatang dan gerakan sehari-hari 4. Pertunjukan IV. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran • Kegiatan awal 1. Apersepsi 2. Salam pembuka 3. Mengabsen siswa 4. Mengetes pengetahuan siswa tentang materi tersebut dengan Tanya jawab • Kegiatan inti 1. Memberikan penjelasan materi kepada siswa 2. Memberikan contoh tarian 3. Setelah memperlihatkan contoh kreasi gerakan tari, siswa memilih kelompok dan membuat kreasi gerakan nya sendiri. 4. Mengarahkan setiap kelompok untuk berlatih 5. Menampilakn hasil kreasi gerakan setiap kelompok • Kegiatan akhir 1. Tugas berlatih secara kelompok V. Sumber/alat/bahan • Buku paket SBK • Saya ingin terampil dan kreatif, KTK SD kelas III • Standar isi 2006 • Gambar dan foto jenis tarian • VCD/DVD film dokumenter. VI. Penilaian • Aspek yang dinilai - Aspek afektif Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerja sama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan latihan menari. - Aspek psikomotorik Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menari. - Aspek kognitif Komponen yang dinilai meliputi kemampuan mejawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan. • Bentuk penilaian a. Test tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan. b. Unjuk kerja; melakukan gerakan tari secara individu c. Produk (hasil kerja); test praktik melakukan tarian yang menirukan gerakan binatang dan gerakan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar